18 Oktober 2024

SMP Negeri 1 Sungai Raya

GENERASI PACAK

Bupati Muda Ajak Para Guru Telusuri Minat dan Bakat Siswa

2 min read

KUBU RAYA, TRIBUN  Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri Peringatan Ulang Tahun ke-45 SMP Negeri 1 Sungai Raya, Selasa (21/3), di Halaman SMP Negeri 1 Sungai Raya. Ia mengapresiasi kegiatan peringatan yang diisi dengan berbagai penampilan seni budaya dan sejumlah atraksi lainnya. Lebih dari itu, Bupati Muda juga memuji kiprah SMP Negeri 1 yang memiliki banyak prestasi. “Perjalanan panjang 45 tahun SMPN 1 ini sudah banyak melahirkan alumni, bahkan termasuk kepala sekolahnya sendiri juga alumni SMP ini. Dan banyak melahirkan prestasi yang membawa dampak sangat luar biasa. SMPN 1 Sungai Raya ini siswanya juga terbanyak,” kata Bupati Muda Mahendrawan seusai kegiatan. Muda melanjutkan, hal terpenting adalah harapan agar SMP Negeri 1 terus menjaga kesinambungan di dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas.  “Dengan konsep kurikulum merdeka, ini menjadi ruang dan peluang bagi semua.

Termasuk pemerintah untuk bisa membuat anak-anak kita mandiri ke depannya, mampu berpikir dan menembus zaman sekaligus mempunyai kekuatan. Itulah yang kita kejar,” ujarnya. Muda secara khusus juga mengingatkan para guru untuk menelusuri minat dan bakat para siswa. Dengan begitu, siswa dapat diarahkan sesuai dengan potensi keterampilannya. “Sekarang kita yang mengejarnya. Tidak usah menunggu. Cari tahu apa yang siswa bisa, itu yang diberikan,” ajaknya. Lebih jauh Muda mengungkapkan, majunya pembangunan pendidikan di Kubu Raya saat ini tidak terlepas dari adanya penerapan sistem informasi data berbasis geospasial. Dengan sistem data tersebut, hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan pada semua rumah tangga akan dapat diketahui. Karena berdasarkan pada nama, alamat, lokasi, posisi koordinat, dan informasi berbasis peta ruang kebumian sehingga intervensi menjadi tepat dan hasilnya pun lebih terukur. Terbukti saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kubu Raya merupakan yang tertinggi dari seluruh kabupaten di Kalimantan Barat. Diketahui, pendidikan sendiri merupakan satu di antara dimensi pembentuk IPM selain kesehatan dan ekonomi.

“Sekarang sudah tidak banyak yang putus sekolah dan sudah banyak juga yang sarjana. Minimal diploma. Termasuk angka partisipasi PAUD kita yang paling tinggi se-Kalimantan Barat. Jadi kami terima kasih termasuk kepada semua pengurus SMP Negeri 1 ini. Semoga menjadi generasi yang mendunia,” harapnya. Kepala SMP Negeri 1 Sungai Raya Masiyah mengatakan kegiatan peringatan HUT sekolahnya berjalan dengan sukses atas dukungan seluruh orang tua siswa. “Ini semua atas sumbangan dari orang tua siswa sehingga bisa terlaksana,” ungkapnya.  Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya Syarif M. Firdaus berterima kasih kepada Bupati Kubu Raya yang disebutnya selalu memberikan motivasi terutama di dunia pendidikan. “Bupati ini lebih dari peduli. Karena setiap kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan, beliau selalu hadir. Dengan usia SMPN1 yang ke-45, semakin menunjukkan berbagai pencapaian prestasi yang luar biasa. Semakin hari semakin menunjukan kreativitasnya,” pujinya. (Syamsul)

(Source : Tribun Pontianak Kamis, 23 Maret 2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.